Serch

Wednesday, 15 January 2014

Tutorial Radarini

 saya akan kasih tau tutorial cara meng-edit Radar.ini dari mod GTA_IV_HUD milik Alexander Blade. Saya akan menggunakan Cyber Sky HUD supaya kalian bisa mengerti lebih mudah. Langsung saja kita mulai!




Seperti yang kita lihat di gambar tersebut, ada bermacam-macam baris dengan kode yang terlihat 'acak' atau 'berantakan'. Tapi kalo dilihat lebih dekat, kita bisa lihat bahwa kumpulan garis tersebut membentuk suatu 'paragraf'. Nah, paragraf ini mengatur ukuran dan posisi dari setiap elemen di GTA_IV_HUD.

Settingan dan Elemen (Contoh radar.ini yang digunakan berasal dari Cyber Sky HUD)

                                      
1. Baris ini mengatur ukuran dan posisi radar, untuk setting lihat Tahap 3.


2. Baris ini mengatur ukuran dan posisi kerangka HUD (garis pembatas radar), untuk setting lihat Tahap 3.


3. Baris ini tidak memiliki efek sama sekali.

                                      
4. Baris ini mengatur ukuran dan posisi bar health dan bar armor, untuk setting lihat Tahap 3.


5. Baris ini mengatur ukuran dan posisi bar ketinggian (parasut), untuk setting lihat Tahap 3.


6. Gambaran secara keseluruhan.

Pada tahap ini kita perlu mengetahui bahwa setiap baris memiliki unsur yang berbeda, seperti X-Scale dan Y-Scale atau hanya X dan Y saja. Mari kita ketahui perbedaannya dan fungsinya.

1. X-Scale = mengatur stretch dari suatu texture ke arah Horizontal (ke kiri dan kanan)
2. Y-Scale = mengatur stretch dari suatu texture ke arah Vertical (ke atas dan bawah)
3. X    = mengatur letak posisi dari suatu texture ke satu arah yaitu Horizontal (ke kiri dan kanan)
4. Y    = mengatur letak posisi dari suatu texture ke satu arah yaitu Vertical (ke atas dan bawah)

Sekarang kita akan mempraktekkan Tahap 2 tadi! Jangan khawatir! Kali ini saya akan menggunakan gambar sebagai contoh. Settingan ukuran dan posisi radar, kerangka HUD, bar health, dan bar armor mempunyai bentuk settingan yang sama. Kali ini saya akan menggunakan settingan Radar sebagai contoh.

1. Bentuk Settingan yang Umum
Settingan Radar mewakili semua kode KECUALI bar ketinggian/parasut. Perhatikan baik-baik!
Kita akan mulai dengan mengatur X-Scale terlebih dahulu. Pertama kita tambahkan sejumlah angka misalkan 10 untuk melihat perbedaannya secara langsung.
Lihat gambar di bawah ini!

Dan lihat perbedaannya!

Sekarang kita mulai mengatur Y-Scale, apakah terlihat mudah seperti X-Scale? Kita coba menambah sejumlah angka, misalkan 10. Lihat gambar di bawah ini!


Dan kita lihat perbedaannya!


Baiklah coba dipraktekkan sendiri dan lihat hasilnya secara langsung!

Saya tidak akan menjelaskan perubahan setting X dan Y karena itu mudah dilakukan.
Jika jumlah X ditambah, maka akan bergerak ke kanan, tapi jika dikurang maka akan bergerak ke kiri.
Jika jumlah Y ditambah, maka akan bergerak ke atas, tapi jika dikurang maka akan bergerak ke bawah.

2. Bentuk Settingan yang Khusus
Dan akhirnya menyentuh bagian terakhir yaitu bar ketinggian/parasut. Sebenarnya saya tidak tau beberapa kode seperti Color.red,blue,green, dan alpha. Tapi kode tersebut dapat mengubah warna dari salah satu komponen bar ketinggian/parasut. Baiklah langsung saja kita mulai!

Radar.ZPosBar.Bar.X dan Radar.ZPosBar.BackTexture.X adalah settingan utama dalam mengatur posisi bar ketinggian/parasut ke arah kanan dan kiri. Radar.ZPosBar.Bar.Y dan Radar.ZPosBar.BackTexture.Y adalah settingan utama dalam mengatur posisi bar ketinggian/parasut ke arah atas dan bawah. 
Kedua konsep di atas sama seperti perubahan X dan Y pada umumnya. (Jika dikurang dan ditambah,dsb)

Contohnya jika Radar.ZPosBar.Bar.X = 77 menjadi 74 dan Radar.ZPosBar.BackTexture.X = 78 menjadi 75, maka akan diperoleh hasil seperti berikut!

Sekaranga kita menuju X-Scale dan Y-Scale!
Untuk memulainya kita akan menambah jumlah 20 pada baris Radar.ZPosBar.BackTexture.X-Scale. Lihat gambar di bawah ini!


Dan lihat hasilnya disini!

Terakhir, kita akan coba pada Radar.ZPosBar.BackTexture.Y-Scale, tambahkan jumlah 20 pada setting tersebut. Dan inilah hasilnya!

Baik, selesai

No comments:

Post a Comment